Skip to content

Sejarah

SELINTAS SEJARAH STISIPOL RAJA HAJI HINGGA MENJADI FISIPOL UMRAH

Nama besar pahlawan kebanggaan Tanah Melayu Riau yakni Raja Haji Fisabilillah, telah membangkitkan semangat anak negeri untuk meneladani nilai-nilai kejuangan beliau dalam wujud pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia melalui pendidikan. Sebab hanya melalui pendidikan bangsa kita dapat mencapai kemajuan dan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain.

Semangat untuk mengembangkan aspek pendidikan dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia, khususnya anak Melayu Riau, diaktualisasikan dalam aksi bukan hanya orasi, namun juga mendirikan Yayasan Raja Haji Fisabilillah yakni oleh tokoh-tokoh masyarakat Kepulauan Riau pada tanggal 12 Agustus 1998. Yayasan Raja Haji Fisabilillah didirikan dalam rangka menyikapi tuntutan reformasi di bidang peningkatan Sumber Daya Manusia khususnya di daerah Kepulauan Riau. Nama yayasan yang diambil dari nama Pahlawan Nasional yang berasal dari putra daerah Kepulauan Riau tepatnya di Pulau Penyengat, menyelenggarakan dua lembaga pendidikan formal yaitu :

  • 1. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Raja Haji Kelompok Teknologi dan Industri.

  • 2. Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Raja Haji.

Menyikapi surat Koordinator Kopertis Wilayah X Nomor 62/010/KL/98 tanggal 12 Maret 1998 tentang Kelas Jauh dan dalam upaya mempertahankan keberadaan salah satu lembaga pendidikan tinggi di daerah, maka pada tanggal 12 Agustus 1998 Pemerintah Daerah Kepulauan Riau membentuk tim yang terdiri dari 12 orang dan sekaligus sebagai pendiri dan pengurus pertama Yayasan Raja Haji Fisabilillah.

Jadi sesuai akta notaris Erry Chandra, SH yakni Akta Notaris Nomor 5 Tanggal 12 Agustus 1998, para pendiri Yayasan Raja Haji Fisabilillah adalah sebagai berikut :

1. H. Abdul Manan. S 7. Drs. H. Daria
2. Drs. H. Andi Rivai. S 8. Drs. Azirwan
3. Drs. Risman Bakri 9. Ansar Ahmad, SE
4. Drs. H. Norbet Johan 10. Drs. R. Ariza
5. Drs. Hj. Suryatati A. Manan 11. Mursal Mudhar, SH
6. Drs. H. Sudirman Syamsuddin 12. Drs. Suhardi Mukhlis

Nama Notaris Pembuat Akta Pendirian/ Perubahan Akta, Nomor, Tanggal, Tahun. Yayasan Raja Haji Fisabilillah yang didirikan pada tanggal 12 Agustus 1998 dengan akta notaris Erry Chandra, SH Nomor 5 tanggal 12 Agustus 1998, selanjutnya dibuatkan akta perubahan oleh notaris H. Abdul Rachman, SH Nomor : 33 tanggal 21 Juli 1999 serta tercatat di Pengadilan Negeri Tanjungpinang No. 06/ N/YS/ VI 1999.

Adapun pendirian Stisipol Raja Haji adalah melalui Surat Keputusan Ketua Umum Yayasan Raja Haji Fisabilillah No. 001/YRHF/1999 tanggal 19 Agustus 1998 didirikan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Raja Haji dan memperoleh izin Terdaftar dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yakni berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.133/D/O/1999 Tanggal 22 Juli 1999 dan peresmiannya dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 1999, untuk 3 (tiga) program studi yaitu :

  • 1. Program Studi Ilmu Administrasi Negara.

  • 2. Program Studi Ilmu Pemerintahan.

  • 3. Program Studi Sosiologi.

Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Raja Haji didirikan dan diselenggarakan oleh Yayasan Raja Haji Fisabilillah dan permulaan berdirinya dipimpin oleh seorang Pejabat Ketua (PJ) yaitu Drs. H. Sudirman Syamsuddin (Asisten Administrasi Pembangunan Setwilda Kabupaten Kepulauan Riau). Jabatan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Raja Haji Priode 2001 s/d 2005 resmi dipercayakan kepada beliau setelah memenuhi persyaratan dan prosedur sesuai Surat Edaran Dirjen Dikti No. 2705/D/T/1998, tanggal 2 September 1998 tentang persyaratan dan prosedur pengangkatan pimpinan Perguruan Tinggi Swasta melalui Keputusan Ketua Umum Yayasan Raja Haji Fisabilillah No. 091/YRHF/2000, tanggal 18 September 1998 dan diresmikan pemakaiannya oleh Bupati Kepulauan Riau H. Abdul Manan Saiman pada tanggal 11 Agustus 1999.

Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Raja Haji Tanjungpinang didirikan atas dasar upaya peningkatan dan pengembangan status keberadaan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Tanjungpinang tahun 1985 yang keberadaannya tidak memperoleh izin opersional, bergabung (merger) dengan Universitas Lancang Kuning (UNILAK) Pekanbaru dan pelaksanaannya diatur melalui Surat Keputusan Yayasan Raja Haji Pekanbaru No. 109/B.1 Yasrah/VI/88 tanggal 1 Juni 1988 dengan Nama Fakultas Ilmu Administrasi Universitas ancang Kuning (FIA UNILAK) kelas jauh Tanjungpinang.

FIA UNILAK kelas jauh Tanjungpinang diselenggarakan dan dikelola oleh sebuah badan yang disebut dengan Badan Pengelola dan dalam hal ini diketuai secara Ex Officio oleh Sekretaris Wilayah Daerah (Setwilda) Kepulauan Riau. Setwilda Kepulauan Riau yang pernah menjabat sebagai Ketua Badan Pengelola FIA UNILAK Kelas Jauh Tanjungpinang adalah sebagai berikut :

1. Drs. R.A. Aziz Tahun 1988 – 1991

2. Arsyad Rahim Tahun 1991 – 1996

3. Drs. H. Beng Sabli Tahun 1996 – 1997

4. Drs. H. Andi Rivai. S Tahun 1997 – 1998

DEWAN PENGURUS YAYASAN RAJA HAJI FISABILILLAH (YRHF) TAHUN 2006

Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Dewan Pembina Yayasan Raja Haji Fisabilillah No.01/ YRHF/2006 Tentang Penetapan Dewan Penyelenggara Yayasan Raja Haji Fisabilillah Tanggal 30 Januari 2006, maka ditetapakan Susunan Dewan Pengurus sebagai berikut :

Ketua : Drs. H. Azirwan, MA
Sekretaris : Drs. Pattimura, MM
Bendahara : Drs. RM Akib, MM
Anggota : Drs. H. Amin Muchtar, MM
: Drs. Zamzami A. Karim, MA
: Drs. Wan Rudi Iskandar, MM
: Drs. H. Muchlis
: Drs. Kamaruddin

PIMPINAN STISIPOL RAJA HAJI

Adapun nama-nama Pimpinan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Raja Haji Tanjungpinang tahun 2007 adalah sebagai berikut :

  • 1. Ketua : Drs. Zamzami A. Karim, MA

  • 2. Pembantu Ketua I Bid. Akademik : Rumzi Samin M.Si

  • 3. Pembantu Ketua II Bid. Adm. Umum : –

  • 4. Pembantu Ketua III Bid. Kemahasiswaan : Edy Akhyary, MSi

  • 5. Ketua Program Studi IAN : Agus Hendrayady, MSi

  • 6. Ketua Program Studi IP : Neng Suryanti Nengsih, MSi

  • 7. Ketua Program Studi Sosiologi : Suryaningsi, MSi

  • 8. Kepala P3M : Dra. Nurbaiti US, MSi

Fase Menuju FISIPOL UMRAH
Dalam rangka meningkatkan pendidikan di Provinsi Kepulauan Riau, pada pertengahan tahun 2007 didirikan Universitas Maritim Raja Ali Haji berdasarkan SK Mendiknas No. 124/D/O/2007 oleh Yayasan Pendidikan Kepri. Dalam tahapan pertama, Universitas tersebut baru memiliki tiga Fakultas, yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Kelautan & Perikanan, Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan. Kemudian
untuk memperkuat Universitas Maritim Raja Ali Haji sebagai suatu Perguruan Tinggi yang nantinya diharapkan menjadi Universitas Negeri yang Otonom (BHMN) , maka STISIPOL Raja Haji diminta kesediaannya untuk bergabung ke dalam UMRAH sebagai Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik(FISIPOL). Izin penggabungan tersebut dituangkan dalam SK Mendiknas No. 08/DO/2008 tertanggal 14 Januari 2008.  Kemudian jadilah UMRAH dengan 5 Fakultas ditambah FISIPOL dan Fakultas Ekonomi. Harapan kedepan pihak FISIPOL UMRAH memiliki rencana untuk membuka satu Jurusan lagi dan Program Pasca Sarjana di Bidang Ilmu Sosial & Ilmu Politik guna mencapai visi sebagai Centre Of Excellence Ilmu Sosial & Politik yang berkualitas dan berdaya saing.

%d blogger menyukai ini: