Skip to content

BEM FISIP : Panwaslu Harus ingat fungsinya

Juli 16, 2008
by

Tanjungpinang, 14 Juli 2008
Pers Rilis BEM Fisip Umrah, Tanjungpinang-Kepulauan Riau

Panwaslu dan Parpol Harus Ingat Fungsinya

Masa kampanye yang dimulai pada 12 Juli 2008 yang dikhawatirkan akan menimbulkan konflik tidak akan terjadi apabila masyarakat mampu saling menghargai dan menghormati. Selain itu, panwaslu dan parpol juga harus mengingat fungsinya sebagai salah satu lembaga yang memberikan pendidikan politik dan mempunyai kewajiban untuk membentuk kecerdasan politik masyarakat.

Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Ketua BEM Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah), Raja Dachroni yang menilai pentingnya peran Panwaslu sebab Panwaslu memiliki kewenangan penuh untuk mengawasi pelaksanaan kampanye.

Selain itu, menurutnya, ke-34 Parpol peserta Pemilu harus mampu mengakomodir massanya untuk menghargai dan tidak mudah terprovokasi, sehingga proses demokrasi tidak ternodai dengan hal-hal yang tidak diinginkan.

“Dalam undang-undang Pemilu No 10 Tahun 2008 pada Pasal 102 tentang berbagai institusi dalam kampanye disebutkan bahwa ada banwaslu sebagai koordinator panwaslu di daerah. Oleh sebab itu, menjelang pesta demokrasi kelak kita berharap Panwaslu mampu mengingat fungsinya sebagai pengawas Pemilu khususnya pada tahapan kampanye,” kata Dachroni.

Disamping itu, Parpol juga harus mengingat fungsinya. Sebagai wadah sosialisasi politik, Parpol harus mampu membudayakan politik etis kepada masyarakat.

“Kita berharap kepada parpol-parpol peserta Pemilu untuk tidak berlebih-lebihan dalam kampanye apalagi menjelek-jelekkan parpol lain saat kampanye. Silahkan Parpol menyebutkan berbagai kelebihan yang ada di partainya, tetapi tidak menyebutkan kelemahan yang ada di partai lain apalagi hal-hal yang bernuansakan SARA, sehingga kekhawatiran munculnya konflik di masyarakat dapat diantisipasi sedini mungkin,” ujar Dachroni.

Hormat Kami
Kabir Humas, Arsip dan Kesekretariatan

Adi Pranadipa

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: