Skip to content

Kuliah Umum bersama Prof.Dr. Firdaus LN, M.Si

Mei 22, 2008

Bagaimana Menjadi Mahasiswa Berkelas Dunia?

Anda adalah apa yang anda pikir dan impikan hendak menjadi apa kelak. Demikian kalimat motivasi yang terlontar dari Dr. Firdaus LN, M.Si, Kepala Pusbangdik (Pusat Pengembangan dan Pendidikan) Universitas Riau (UNRI) saat memberikan kuliah umum yang diselenggarakan oleh FISIP UMRAH kepada mahasiswa yang tersebar di kampus se-Kota Tanjungpinang di Hotel Sampurna Rabu (21/5) malam.

Dalam penyampaian materinya, Dr. Firdaus mengingatkan mahasiswa Tanjungpinang untuk memotivasi diri dan bersaing secara sehat karena menurutnya ke depan tantangan persaingan di dunia kerja akan lebih sengit apalagi kran FTZ (Free Trade Zone) BBK (Batam, Bintan, Karimun) sudah di depan mata. Peluang ini harus ditangkap oleh mahasiswa, kontribusi apa yang sebenarnya dapat diberikan oleh mahasiswa kepada Propinsi Kepulauan Riau.

Ada tiga syarat menurutnya yang perlu dimiliki oleh mahasiswa berkelas dunia. “Bagaimana menjadi mahasiswa berkelas dunia? Berkelas dunia disini bukan berarti menjadi mahasiswa yang sering jalan-jalan keluar negeri, tetapi lebih ke arah pemikiran. Setidaknya ada tiga syarat yang harus dimiliki mahasiswa. Pertama, berani. Kedua, komitmen dengan profesi dan ketiga memiliki integritas,” ujar pria kelahiran Dabo Singkep ini.

Drs. Zamzami A. Karim, MA Dekan FISIP UMRAH mengatakan diselenggarakannya kuliah umum ini bertujuan untuk memberikan motivasi sekaligus cambuk bagi mahasiswa Tanjungpinang untuk terus berkreatifitas dan berkarya dengan ilmu yang telah diperolehnya di kampus.

“Kuliah umum ini kita tujukan untuk memotivasi mahasiswa Tanjungpinang sekaligus cambuk bagi para mahasiswa kita untuk terus berprestasi dengan membakar semangat mereka melalui pertanyaan mungkinkah mahasiswa kita menjadi mahasiswa berkelas dunia. Tentu jawabannya ada pada pribadi masing-masing mahasiswa kita,” imbuh Drs. Zamzami A. Karim.(Dachroni-FISIP)

One Comment leave one →
  1. Romythea permalink
    Mei 31, 2008 6:05 am

    Bismillahi Tawakkaltu `alallah

    Dari apa yang disampaikan oleh Prof. Firdaus LN kita bisa ambil banyak sekali nilai yang seharusnya dapat menjadi motivator untuk mahasiswa yang mengikuti kuliah umum kemarin. salah satunya keinginan dan tekad pengembangan kualitas diri yang harus digali oleh seorang mahasiswa. dan itu yang harus kita mulai. Jangan hanya cuma kita dengar dan kita buat slogan yang dianggap hanya bisa dilakukan oleh orang – orang tertentu saja. yakinkan bahwa kita semua bisa melakukannya. seperti yang dijelaskan oleh Profesor Firdaus bahwa dalam diri setiap manusia ada kekuatan yang luar biasa. seiring dengan hari kebangkitan nasional yang kita laksanakan, mari kita bangkit . . . , kita sudah ketinggalan jauh dengan saudara – saudara kita diluar sana.
    mahasiswa harus bisa membuat satu inovasi – inovasi baru dan positif dalam segala aspek khususnya dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. buang paradigma bahwa kuliah ini hanya untuk mendapatkan Ijazah Sarjana. Indonesia bukan butuh sarjana – sarjana saja. liat saudara – saudara kita diluar sana, berapa juta orang mereka yang telah mempunyai Ijazah sarjana yang hanya bisa bekerja menjadi Ojek ????
    tidakkah itu bisa membuat kita bertanya !!!! kenapa begitu ????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: